"Sensasi Bandeng Laut"

"Sensasi Bandeng Laut" ImageBandeng adalah jenis ikan yang tak asing bagi masyarakat. Ikan yang menjadi salah satu makanan favorit ini, memiliki rasa yang lezat, meski banyak durinya. Harga bandeng termasuk tinggi, apalagi saat-saat tertentu seperti tahun baru imlek.

Budidaya bandeng tidak hanya dilakukan di kolam air payau. Bandeng juga bisa hidup di air laut. bahkan bandeng laut memiliki sejumlah keunggulan seperti rasa dagingnya yang lebih gurih dan ukurannya lebih besar.

Tak heran kini banyak budidaya bandeng laut seperti yang dilakukan di kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara yang mampu memanen 400 kilogram bandeng perhari. Budidaya bandeng laut ini dalam waktu enam bulan dapat menghasilkan ikan dengan beragam ukuran mulai 300 gram per ekor hingga ukuran jumbo dengan bobot lima kilogram per ekor.

Budidaya bandeng cukup menjajikan karena harga bandeng laut lebih tinggi dibanding bandeng air payau atau tawar. Ikan berukuran antara 300 gram dan 500 gram dijual dengan harga 35 ribu rupiah sampai 50 ribu rupiah perkilogram. Harga ini bisa mencapai dua kali lipat pada saat tertentu seperti saat tahun baru imlek.

Bagi masyarakat Tionghoa, ikan ini selalu dicari saat perayaan tahun baru imlek. Dengan teknik cabut duri, bandeng ini menjadi komoditas yang semakin digemari. Masyarakat pun dimanjakan dengan kelezatan bandeng tanpa was-was akan tertusuk duri yang jumlahnya mencapai 150 ruas dalam daging seekor bandeng.

Banyak faktor yang harus diperhatikan dalam budidaya bandeng laut diantaranya benih yang berkualitas, jairng keramba yang kuat, serta kebersihan dan keamanan keramba. Ikan pun perlu perawatan jika diketahui ada yang terluka karena berbagai factor. Dengan pengawasan dan perawatan yang ketat, tempat budidaya ini mampu menghasilkan seribu ekor lebih bandeng atau setengah ton setiap harinya.

Sesampainya di tempat tujuan, produk bandeng laut cabut duri ini sudah ditunggu pemesan yang kebanyakan pengelola rumah makan. Bandeng laut bisa disajikan menjadi beragam jenis makanan, salah satunya adalah bandeng bakar kecap. Cara memasaknya pun cukup mudah. Setelah dipotong-potong, daging bandeng dibakar selama 15 menit sambil diolesi kecap sesuai selera. Bandeng tanpa duri ini menjadi sajian menarik dan bercita rasa tinggi. Selain itu bandneg juga mengandung omega tiga yang bermanfaat bagi kesehatan otak.

Bagaimana cara budidaya ikan bandeng di laut? Apa saja kendala dan mengatasinya? Serta bagaimana prospek usaha dan kelezatan ikan bandeng laut? Ikuti program Jendela.

Tayang Sabtu, 5 Februari 2011 Pukul 11:00 WIB.

ImageImage

sumber : http://news.mnctv.com

tambahan buat yang penasaran bandeng laut :